Kurma, Si Hitam Manis Banyak Manfaat

Picture by Hans Boling

Bulan Ramadhan selalu identik dengan kurma, buah kecil yang menjadi andalan Nabi.

Biasanya kurma dijadikan ta’jil atau makanan pembuka saat buka puasa. Iya karena merupakan sunnah Nabi kan untuk mengawali dengan makan tiga butir kurma. Tapi nggak semua orang juga suka sama kurma karena kadang terasa pekat.

Sekarang sih udah canggih, banyak banget yang mengolah makanan dengan kurma sebagai bahan dasarnya. Sehingga, yang nggak doyan pun bisa ikutan mencicipi. Contohnya ada susu kurma dan bubur labu kurma. Lucunya, bubur labu kurma ini biasa disantap sama orang Korea dan saya tau gara – gara nonton salah satu drama.

Dibalik rasa manisnya kurma, ternyata ada segudang manfaat yang tersimpan. Manfaatnya apa aja please googling aja LOL terlalu malas nulis. Cuma ini kan challenge menulis tentang manfaa kurma, jadi saya tulis yang berasa di badan saya aja deh.

Saya punya maag akut, dan saat puasa gini banyak banget pantangan seperti nggak boleh makan asem, pedas, dan minum kopi. Teh juga nggak boleh karena kandungan kafeinnya lebih tinggi dari kopi. Makan pemicu lain kayak kol, sayur hijau, dan pisang juga nggak bisa. Ribet kieu pokoknya mah.

Tapi tapi tapii, saya pengen kurus HAHA BANYAK MAU. Diet pun kadang bikin jadi pemicu maag-nya kambuh.

Terus kalau buka puasa pake apa? Ya air putih aja dan kurma. Saya makan sesuai anjuran, yaitu sebanyak tiga butir. Efeknya bikin kenyang tapi pencernaan tetap sehat. Iya asam lambung saya nggak cepat naik dan perut nggak terasa begah.

Kalori kurma juga termasuk rendah, jadi buat si khawatir sama berat badan kayak saya mah santai aja, timbangan nggak bakal geser banyak ke kanan (asal abis itu nggak makan bakso urat semangkok lol).

Jadi, buat yang punya gerd atau maag kayak saya bisa banget loh mulai sekarang rajin konsumsi kurma.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s