Puasa Saat Pandemi, Khususnya Tahun Ini

Tahun ketiga menjalani Ramadhan di saat pandemi, yang pasti banyak kabar baik, terutama untuk masyarakat Indonesia.

Pertama, tahun ini sudah boleh melaksanakan taraweh di masjid. Bersyukur di perumahan tempat saya tinggal ada masjid yang cukup untuk menampung jamaah yang banyak.

Hal yang saya kangenin tentu icip – icip ta’jil sumbangan dari para warga untuk yang ikutan tarawih. Mayoritas penghuni adalah keturunan Sumatera Barat, jadi yaa nggak jauh – jauh menunya dari lamang tapai, bubur kampiun, atau sekedar es buah kumplit.

Kedua, buka puasa bersama alias bukber. Buat generasi di umur saya *ehem*, momen ketemuan adalah hal yang seringnya cuma wacana. Sibuk kerja, belum lagi sekarang ada suami dan anak yang diurus, mana Jakarta macet ya deuuhh ujung – ujungnya nggak pernah jadi. Makanya pas bulan puasa walaupun mesti berjuang menembus macet atau terpaksa udah seat – in di restoran dari jam setengah 4 sore mah kita rela!

Adanya pandemi bikin semua orang jadi parno buat ketemuan.

Tahun ini, walaupun katanya kalau bukber nggak boleh sambil ngobrol (ngobrolnya via whatsap aja, yaa :p) tapi udah bisa ketemuan dongg. Siap – siap pake baju yang cakep, dandan yang cantik, dan nggak lupa futu – futu yang banyak ampe makanannya jadi dingin wkwk.

Terakhir, sudah boleh mudik! Yeaay!

Mungkin beberapa orang ada yang tahun lalu sudah bisa pulang ke kota asal atau tempat tinggal orangtua. Saya sendiri, dua tahun kemarin lebaran bertiga aja di Jakarta, sementara Papi – Mami di Bandung dan Ibu mertua di Magelang.

Tahun lalu bahkan Mas Adit mesti masuk kerja karena buat apa juga ambil libur, toh kami nggak kemana – mana. Lagian di kantornya kalau masuk pas tanggal merah bakal diganti dengan libur dua hari di hari lain. Ya mending gitu aja yaa hahaha.

Supaya bisa mudik, syaratnya sudah harus vaksin booster. Untungnya kami sudah, jadi nggak ada masalah. Semoga nggak ada halangan dan semuanya sehat, jadi kami bisa merayakan bersama keluarga. Huhuu kangen banget makan ketupat + rendang paru + sayur tauco buatan Ibu saya :”)

1 thought on “Puasa Saat Pandemi, Khususnya Tahun Ini”

  1. Aku tadi nya juga mau mudik, tapi kucing2 ga ada yg jaga. Cat hotel langsung penuh pas lebaran 🤣🤣🤣. Akhirnya terpaksa pas libur sekolah anak Juni ntr mba. Padahal kangen juga Ama masakan lebaran mama di Medan.

    Tapi seneng sih Krn sudah semakin membaik. Cuma yg utk anak2 di bawah 12 THN, yg blm ada booster, berarti ttp antigen dong ya? Anakku udh vaksin komplit, tp booster mereka kan memang blm dikasih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s