Bye, 2021!

Mau ganti tahun nih beberapa jam lagi. Dari kantor dapet libur dua hari ditambah besok sabtu minggu juga nggak ada kerjaan lepas apapun kayak ngerias. Jadi mau dimanfaatin untuk ngerekap dan dan mengabadikan akhir tahun 2021 ini.

Kalau ada pepatah yang bilang ‘life is a roller coaster’ ya tahun ini buat saya naik turunnya lumayan terjal. Pas lagi di bawah bikin nangis tapi pas diatas yaampun rasanya ingin mencium kaki Tuhan.

The most struggling moment ada ketika Adit tiba – tiba mengundurkan diri dari pekerjaannya. Padahal, belum lama saya nulis tentang betapa bersyukurnya kami diberikan pekerjaan dengan cepat saat Adit juga sebelumnya di lay off dari kantor sebelumnya.

Sempat memutuskan untuk jadi wiraswasta, tapi angka pandemi yang makin lama makin nggilani bikin usaha tersebut sulit untuk jalan. Dana darurat otomatis bocor sana – sini. Bahkan uang pensiun akhirnya terpaksa kami pakai. Saya yang awalnya (mau nggak mau) mendukung rencana ini akhirnya menyarankan Adit untuk balik kerja kantoran dulu sampai kondisi finansial kami lebih baik.

Bersyukurnya kondisi ini lama – lama sampai hari ini pun membaik. Adit udah dapet kerjaan lagi yang jauh lebih baik dan yang terpenting dia happy sama tempat kerja dan lingkungannya.

Untuk saya, tahun ini jadi tahun ter-menghasilkan secara finansial dan pengetahuan. Saya dapet kerjaan baru dengan gaji yang pasti tiap bulannya. Ditambah akhir pekan hampir nggak pernah libur ngerias.

Dari kantor baru dikasih kesempatan buat ikut course yang terkait dengan kerjaan tanpa perlu keluar uang. Normalnya course ini diharuskan bayar dengan biaya yang cukup mahal karena berlangsung 3 hari dan dapet sertifikat.

Tiap tahun saya juga sudah targetin untuk gali ilmu buat makeup sama MUA senior, tapiii karena budgetnya kurang jadi masih maju mundur buat ikutan. Eeh dasar emang rejeki, malah tiba – tiba ditawarin ikut workshop rasa private gratisan. Peserta workshopnya cuma 6 orang termasuk saya. Seminggu setelahnya pun saya nemu info semi private sama perias favorit saya dan harganya jauuuh banget dari harga normal! Ya jelas dong saya ikutan~

Di awal tahun 2021 dengan kondisi hidup yang bikin mewek hampir tiap malam itu saya nggak ada resolusi macam -macam selain dicukupkan rezeki, baik rezeki kesehatan, rumah tangga, ataupun finansial. Alhamdulillah didengarkan Tuhan.

Tahun ini juga nggak mau jumawa mentang – mentang keadaan sudah enak. Buktinya pertengahan tahun kami sempat kena Covid 19 sekeluarga. Sakit paling nggak enak yang pernah kami hadapin. Biaya PCR lagi mahal – mahalnya, dan rakyat Indonesia hampir semuanya ngalamin sakit yang sama dan akibatnya mau beli berbagai suplemen dan antibiotik susah setengah mati.

Hikmah dari kejadian ini saya jadi mulai bener – bener nge rem buat belanja ini itu, juga mulai melek investasi karena sebelumnya tuh careless dengan bilang “aduh gue nggak ngerti, takut rugi”. Belakangan ini saya jadi belajar dan cari informasi sana sini mengenai apa itu RDPU, saham, Obligasi, dan teman – temannya.

Dua tahun nggak jalan – jalan kayak sebelumnya. Paling jauh cuma ke Bandung aja akhir bulan November dan itu pun sekalian ada acara nikahan Adik saya. Disempetin jalan – jalan sambil cafe hopping dan itu aja udah seneng banget. Semoga tahun depan ada kesempatan buat jalan – jalan naik pesawat lagi, cukup biaya buat pergi keluar negeri lagi, entah me – time sendirian atau bareng keluarga.

Oh! Tahun ini juga senang sekali karena domain blog lama akhirnya kembaliii. Walau angan untuk lebih rajin nulis tuh rasanya jadi bohong belaka karena tetap aja saya sok sibuk dan tiap udah pegang keyboard dilanda writer’s block yang ujungnya kagak posting apa – apa -,- Yuk bisa yuk tahun 2022 lebih rajin nulis seperti dua tahun lalu.

Resolusi 2021 kemarin dengan kehidupan yang naik turun cuma berharap mental saya kuat dan tetap normal. Lebih realistis dan banyak bersyukur. 2022 ini resolusinya pingin lebih hemat supaya uang masuk sekolah terkumpul lebih besar, dana darurat juga setidaknya ada 10x gaji. Juga, rezeki – rezeki saya bisa berguna juga buat orang – orang membutuhkan. Amin!

Anyway, selamat natal bagi yang merayakan. Selamat menikmati liburan beberapa hari kedepan dan hari – hari cuti bagi yang punya cuti hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s